Latest News

Hirarki Gerja Katolik Memberikan Dukungan Untuk Vox Point Indonesia Papua


Foto : Vikjen Keuskupan Agung Merauke (KAMe) RP. Hendrikus Kariwop, MSC saat memberikan sambutan, Minggu, 17/12/2017. (Foto: Ervan Tou)

Matakatolik.com - Hirarki Gereja Katolik Keuskupan Agung Merauke (KAMe) memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas terbentuknya Badan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Vox Point Indonesia Papua dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Vox Point Indonesia Se-Papua.

“Atas nama Uskup umat Katolik di Keuskupan Agung Merauke (KAMe), kami memberikan dukungan penuh dan itu terbukti dengan memfasilitasi dan menghadiri acara ini. Demikian juga untuk selanjutnya memberikan dukungan penuh. Karena ini adalah suatu organisasi atau wadah bagi Gereja Katolik,” kata Vikjen Keuskupan Agung Merauke (KAMe) RP. Hendrikus Kariwop, MSC dalam sambutannya pada acara pelantikan Badan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Vox Point Indonesia Papua dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Vox Point Indonesia Se-Papua, di gedung Vertentes, Merauke, Minggu (17/12/2017).

Gereja Katolik, kata Romo Hendrik adalah Gereja yang mendunia, Gereja yang ada dalam dunia. “Gereja membangun tata dunia, Gereja adalah umat Allah dan Gereja adalah kita,” ungkapnya. 

Sedangkan umat Allah terbagi dua, yakni umat Allah yang tertabis yaitu hirarki dan umat Allah yang mendapat thabisan umum yaitu awam. “Yang terthabis dipanggil untuk melayani yang ilahi yang surgawi. Sedangkan awam dipanggil dan di utus melayani bidang-bidang kehidupan yang bersifat duniawi, sekuler,” katanya. 

Posisi Awam

Dalam Konsili Vatikan II tentang panggilan dan peran awam di tengah dunia mengajak Gereja tidak hanya menyampaikan warta tentang Kristus dan penyaluran rahmat tetapi juga ikut meresapi menyempurnakan tata dunia dengan semangat Injil.

Ia mengatakan, Konsili Vatikan II tentang Gereja dewasa ini secara khusus menekankan kegiatan duniawi menjadi wewenang kaum awam. “Kaum awam yang hadir dalam berbagai kehidupan hendaknya menekuni bidang keahlian dan karya agar jadi professional, supaya pelayanan bermutu. Bukan sekedar pelayananan. Tidak! Lantas, bagaimana Vox Point Indonesia?,” tanya dia.

Vox Point Indonesia, kata Romo Hendrik, adalah wadah organisasi masyarakat awam Katolik. Vox Point Indonesia adalah bagian dari Gereja yang berperan membangun tata dunia dan terlibat dalam pembangunan masyarakat Indonesia dan masyarakat Papua khususnya.

Ia juga menilai bahwa kehadiran Vox Point Indonesia memperkuat suara kenabian Gereja di jaman sekarang ini, terutama di Indonesia dan papua.


Ervan Tou - Matakatolik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI