Latest News

Perkokoh Persatuan Memasuki Tahun Politik


Matakatolik.com - Tidak dapat dipungkiri, tahun 2017 adalah tahun dengan turbulensi politik sangat tinggi dengan sentrum perhatian publik terutama pada panasnya situasi di ibu kota DKI JAKARTA menghadapi Pilkada beberapa waktu lalu. Polarisasi di masyarakat berdasarkan SARA kemudian membuat masyarakat terbagi-bagi ke dalam kelompok-kelompok dan bahkan pada level elit muncul kesan "saling curiga" sehingga mempertajam polarisasi yang ada.

"Maka tentu saja ini semua jadi pelajaran bagi semua pihak agar kita memperkokoh kembali persatuan dan kesatuan kita sebagai sesama anak bangsa. Apalagi di depan tahun 2018 dan 2019 kita memasuki tahun politik yang tentu dinamikanya akan cenderung memanas," kata Ketua DPP Gerindra Bidang Agama Katolik Haposan Paulus Batubara, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (28/12) sambil menambahkan, agar siapa pun hendaknya tidak saling menyalahkan atau merasa diri benar membuat situasi semacam ini.

"Kita semua harus mengevaluasi diri mengapa situasi ini terjadi agar ke depan kita bisa menghadapi tahun politik dengan baik. Bahwa persaingan politik itu tentu sesuatu yang biasa dalam demokrasi tetapi jangan sampai mengorbankan kepentingan bangsa yang lebih besar yaitu persatuan dan kesatuan bangsa," jelas Haposan yang adalah juga Wakil Ketua Umum Vox Point Indonesia tersebut.

Haposan menjelaskan bahwa agar persatuan dan kesatuan tersebut tercapai, maka elit-elit politik harus memberikan contoh terlebih dahulu. "Karena kalau elitnya bisa menunjukkan bahwa mereka bersatu maka masyarakat  tentu juga akan mengikuti," jelas Haposan sambil memberi contoh gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dalam masa-masa awal kepemimpinannya berupaya merajut kembali persatuan tersebut.

Hadirnya Anies dan Sandiaga Uno dalam perayaan Natal di Gereja-gereja di Jakarta beberapa hari lalu menurut dia memperlihatkan komitmen pemimpin DKI tersebut memperkuat persatuan. "Kan beliau selalu bilang Jakarta ini untuk semua. Jadi kita harusnya ikut menciptakan kondisi yang aman dan damai agar kita kembali kuat sebagai bangsa besar yang beragam," pungkas Haposan.

Matakatolik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI