• Latest News

    Minggu, 07 Januari 2018

    Cara Unik Keuskupan Agung Jakarta Mengamalkan Pancasila


    Matakatolik.com Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) memiliki cara yang unik dalam membumikan Pancasila. Tiga tahun berturut-turut KAJ telah menanamkan nilai-nilai Pancasila pada Umat Keuskupan Jakarta.

    Pada tahun 2016 KAJ mengangkat tema tentang sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Tahun berikutnya pada 2017 lalu mengangkat tema tentang Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap. Sedangkan tahun 2018 sekarang ini bertepatan dengan tahun politik, KAJ mengangkat tema tentang Persatuan Indonesia.

    Adapun cara unik gerakan Pancasila KAJ sudah dimulai. Pada tahun lalu KAJ membagikan Rosario Merah Putih seturut warna Bendera Indonesia. Ini merupakan bentuk sikap patriot umat Katolik Indonesia khususnya umat KAJ.

    Sesuatu yang menarik terjadi sebagaimana dijelaskan Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo bahwa Rosario Merah Putih ternyata tidak hanya ada di KAJ tetapi telah menyebar ke seluruh keuskupan di Indonesia.

    “Rosario Merah Putih ternyata tidak hanya ada di KAJ tetapi telah menyebar ke seluruh keuskupan di Indonesia. Mencengangkan bahwa Rosario Merah Putih telah sampai ke Timur Leste,” ungkapnya pada saat Seminar Tahun Persatuan 2018 Keuskupan Agung Jakarta, di Aula Katedral Jakarta, Sabtu (6/1/2018).

    KAJ membuat sebuah gebrakan yang baru di tahun 2018 bertepatan dengan tema Persatuan Indonesia. KAJ membumikan wajah Bunda Maria dengan wajah yang mewakili kekhasan nusantara.
    Biasanya Bunda Maria berwajah Eropa, namun kali ini gambar Maria dibuat sebagaimana wajah wanita Indonesia. Bunda Maria Juga memakai selubung merah puti selain itu pada tangannya mengibarkan bendera Merah Putih.

    Mgr. Suharyo  menrangkan Gambar Bunda Maria yang berbeda tersebut adalah cara yang sangat sederhana dan sangat mengena di hati umat KAJ. Umat KAJ selalu berdoa dengan perantaraan Bunda Maria. Kedekatan pada Bunda Maria yang berwajah bumi Indonesia membuat umat Katolik KAJ akan semakin mencintai Indonesia.

    ”Gambar Bunda Maria yang berbeda tersebut adalah cara yang sangat sederhana dan sangat mengena di hati umat KAJ. Umat KAJ selalu berdoa dengan perantaraan Bunda Maria. Kedekatan pada Bunda Maria yang berwajah bumi Indonesia membuat umat Katolik KAJ akan semakin mencintai Indonesia,” terang  Mgr. Ignatius Suharyo.


    Will Matron - Matakatolik
    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Cara Unik Keuskupan Agung Jakarta Mengamalkan Pancasila Rating: 5 Reviewed By: admin
    Scroll to Top
    ×
    Krisjaya Anugerah Sejahtera