• Latest News

    Minggu, 07 Januari 2018

    KAJ Menggelar Acara Tahun Persatuan


    Matakatolik.com - Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menggelar acara Tahun Persatuan Keuskupan Agung Jakarta dengan tema Amalkan Pancasila Kita Bhineka Kita Pancasila di Aula Katedral Santa Maria Pelindung diangkat ke Surga, Jakarta, Sabtu (6/1/2018)

    Hadir Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo. Selain itu tokoh-tokoh dari lintas agama, baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu dan tokoh-tokoh yang lainnya bergandengan tangan memenuhi undangan acara tersebut. Hadir Pula Kepala Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila, Yudi Latif. 

    Dalam konfrensi Pers, Mgr. Suharyo mengungkapkan posisi Keuskupan Agung Jakarta dalam menghadapi tahun politik. Ia menegaskan bahwa jangan menilai politik terlalu sempit. Politik sangatlah luas.

    “Politik tidak sesempit arti  mendapatkan kekuasaan dalam arti duduk di bangku DPR, DPRD, DPD, Gubernur, Bupati atau Presiden. Politik meski dimaknai melampaui itu.  Politik menjangkau seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Aspek itu diantaranya ekonomi, bisnis, pertanian, kelautan dan lain-lain,” ungkap Mgr. Suharyo

    Dalam sesi dialog lintas agama Mgr. Suharyo menjelaskan bahwa KAJ telah tiga tahun berturut-turut mengangkat tema Pancasila. Tahun 2016 merupakan tahun Ketuhanan Yang Maha Esa, Sedangkan tahun 2017 adalah tahun Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Pada tahun 2018 ini, yang bertepatan dengan tahun politik KAJ mengangkat tema sila ke-3 Pancasila, Persatuan Indonesia.

    Menurut Uskup Kelahiran Jogjakarta 9 Juli 1950, itu butir-butir pancasila harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Masing-masing sila menjadi gagasan, gagasan menjadi gerakan dan gerakan menjadi habitus. Itulah yang membentuk umat KAJ yang transformatif. Dalam tahun 2018 ini KAJ melaksanakan Butir ke 3, Persatuan Indonesia,” ungkapnya.


    Will Matron - Matakatolik
    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KAJ Menggelar Acara Tahun Persatuan Rating: 5 Reviewed By: admin
    Scroll to Top
    ×
    vox point