Latest News

Uskup Jakarta Mengklarifikasi Warisan Mgr. Soegijapranata


Matakatolik.com -Dalam acara Tahun Persatuan 2018 Keuskupan Agung Jakarta, yang digelar pada Sabtu 6 Januari 2018, Mgr. Ignatius Suharyo mengklarifikasi soal warisan yang ditinggalkan Mgr. Soegijapranata yang telah lama dikenal oleh Gereja Indonesia.

Semboyan tersebut adalah Seratus Persen Indonesia, Seratus Persen Katolik. Menurut Mgr. Suharyo, hal tersebut adalah sesuatu yang salah kaprah. Soegija tidak pernah mengatakan Seratus Persen Indonesia Seratus Persen Katolik.

”Itu adalah sesuatu yang salah kaprah. Soegija tidak pernah mengatakan Seratus Persen Indonesia Seratus Persen Katolik. Ungkapan yang benar adalah Seratus Persen Patriotik Seratus Persen Indonesia. Itulah kata-kata yang sesungguhnya dari Mgr. Sugija yang memiliki arti yang begitu dalam. Pernyataan itulah yang menunjukan akan cinta tanah air yakni Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mgr. Suharyo menjelaskan bahwa Indonesia memiliki warisan Soegija. Ia adalah tokoh yang memberikan keteladanan bagaimana merawat  Pancasila.

“Soegija dalam keberlansungan hidupnya memiliki karya yang begitu banyak diantaranya  membuat ikatan-ikatan atau organisasi-organisasi seperti persatuan petani, buruh dan lain-lain. Ia kemudian mengembangkan ikatan-ikatan atau perkumpulan-perkumpulan tersebut dengan Pancasila,” ungkapnya.

Menurut Mgr. Suharyo, Soegijapranata adalah salah satu tokoh sekaligus pahlawan yang menginspirasi semua umat di Indonesia. Soegija adalah tokoh yang menekankan persatuan dan kesatuan. 

“Selama hidupnya Soegija membentuk ikatan-ikatan atau perkumpulan-perkumpulan yang memberikan pelajaran arti penting persatuan dan kesatuan. Itulah bentuk pengamalan Pancasila terutama sila ketiga yang menjadi refleksi  bersama  Keuskupan Agung Jakarta pada tahun ini yakni Persatuan Indonesia. Soegijapranata telah mewariskan sratus persen patriotik, seratus persen Katolik yang harus umat Indonesia jalankan,” pungkasnya.


Will Matron - Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI