Latest News

Sikap Resmi KIRA atas penyerangan Gereja di Sleman


Matakatolik.com-Ketua Umum Kristen-Katolik Indonesia Raya (KIRA), Fary Djemy Francis, menilai kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia sedang mendapat tantangan serius. Hal  ini  disampaikan  ketua komisi  V DDR RI ini terkait  beberapa aksi intoleransi  belakangan  ini termasuk penyerangan di Gereja Santa Lidwina Sleman, Yogyakarta, pada Minggu 11/2/2018 pagi.

"Beberapa minggu lalu masih di Jogjakarta, aksi bakti sosial umat Katolik di Bantul dibubarkan secara paksa. Setelah itu, terjadi juga penyerangan terhadap para ustad di Jawa Barat dan  pagi  ada  penyerangan  brutal  terhadap  umat  yang  tengah  menjalankan  ibadat," jelas  Anggota DPR  dapil  NTT  ini.

Negara  jelas Fary harus hadir dan bersikap tegas dan jelas terhadap persoalan-persoalan ini. Jika tidak, bisa lahir berbagai ekses dari memudarnya kerukunan antar umat beragama itu.

Fary  juga  sungguh  menyesalkan aksi penyerangan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab terhadap umat gereja Katolik St. Lidwina Sleman yang sedang khusuk menjalankan misa kebaktian hari Minggu dan melukai umat maupun pastor yang sedang memimpin perayaan misa.

"Aksi ini dapat merusak tali silaturahmi dan kerukunan antar umat beragama yang selama ini telah dirajut dengan baik,  tegas  Fary.

Fary meminta kepada aparat penegak hukum agar segera mengusut jaringan di balik pelaku nekad ini.

"Proses hukum terhadap pihak-pihak yang terkait dengan aksi ini harus segera berjalan agar dapat memberikan kepastian hukum bagi setiap warga negara dan bagi setiap penganut agama di Indonesia," tamba Fary.

Sementara itu ketua Bidang Humas dan  Publikasi
PP KIRA, Haposan Paulus Batubara meminta setiap anak bangsa dan setiap pemeluk agama agar tetap menjaga kerukunan hidup dan mengembangkan toleransi yang menjadi perekat bangunan kebangsaan kita.

"Setiap warga negara mesti menjadi agen perdamaian agar bangsa dan negara ini terus membangun dalam damai dan sukacita bersama," jelas  Haposan.

Haposan  mengharapkan setiap elemen bangsa agar tetap tenang menyikapi persoalan ini dan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

"Mari kita kawal bersama-sama persoalan ini demi Indonesia yang damai, demi kebenaran dan keadilan yang kita cita-citakan bersama," tutup Haposan.

Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI