Latest News

Kamis Putih Itu Apa?


Matakatolik.com-Kamis Putih merupakan  rangkaian terpenting dalam tri hari suci dalam gereja. Dalam tiga hari ini Umat Kristen dan Katolik di seluruh dunia mengenang kisah sengsara hingga kebangkitan Yesus.

Hari kamis Putih disebut juga kamis suci. Soal nama kamis putih biasanya berbeda-beda seperti "Maundy Thursday" atau "Holy Thursday". Penyebutan tersebut tergantung pada kebiasaan gereja setempat.

Sebelum perjamuan dimulai Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya. Yesus memberi teladan kepada mereka bagaimana hidup saling melayani dan mengasihi melalui pembasuhan para muridnya.

Dalam tradisi Kristiani para Pastor mencuci kaki dua belas umat yang dipilih. Tradisi ini mau menggambarkan pelayanan yang diwariskan Yesus. Matius 26:17-29, Markus 14:12-25, Lukas 22:7-38, dan Yohanes 13:1-38.

Perjamuan Kudus

Pada Kamis Putih umat Kristiani akan diingatkan lagi bagaimana Yesus mengadakan perjamuan malam terakhir atau perjamuan kudus dengan murid-muridnya. Sebagaimana dalam Matius 26:26-29.

Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku.

Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku."

nanawi-Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI