• Latest News

    Sabtu, 24 Maret 2018

    Pater Alex Lanur: Paskah Menuntun ke Kehidupan Baru

    Matakatolik.com -Perayaan Paskah adalah kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut. Karenanya, diharapkan semangat Paskah mampu memperbaharui kehidupan umat menuju hidup yang baru.

    "Hidup dengan pertobatan, hidup yang bebas dari segala dosa dunia". Jelas Romo Alex Lanur, dalam acara dialog di sebuah stasiun TV, pada beberapa tahun silam.

    Pater Alex menuturkan, dalam masa tiga hari suci, umat Kristiani diminta untuk melakukan pertobatan. Artinya, umat diminta untuk melupakan perbuatan-perbuatan yang buruk di masa lampau untuk menuju kehidupan yang baru. Untuk itu, ia mengimbau agar umat Kristiani bersama-sama berdoa agar dosa-dosa yang telah diperbuat dapat diampuni dan tak akan mengulangi kembali di masa mendatang.

    Imam kelahiran Manggarai - Flores ini juga meminta agar umat berdoa untuk saudara-saudara yang berada di sejumlah daerah konflik agar mereka bisa melupakan dan tak akan mengulangi perbuatan buruk di masa silam. 

    Perayaan Paskah juga tidak lepas dari tradisi seperti mencari telur dan sebagainya.

    Menurut imam Fransiskan ini, telur dalam Paskah menggambarkan sesuatu dalam kehidupan manusia. Artinya, manusia itu seperti hidup dalam kungkungan bagaikan telur. Namun, suatu saat telur itu akan pecah dan terbebaskan dari kungkungan itu, sehingga menuju dalam suatu kehidupan yang baru. 

    Agar makna Paskah bisa diterima dengan baik oleh umat Kristiani, tambah Pater Alex, mereka harus mendapatkan pembinaan agar tidak salah dalam menjalani kehidupan.

    "Dengan pembinaan rohani, umat akan dapat membedakan antara yang benar dan salah" ujarnya.

    Matakatolik
    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pater Alex Lanur: Paskah Menuntun ke Kehidupan Baru Rating: 5 Reviewed By: admin
    Scroll to Top
    ×
    vox point