Latest News

Spiritualitas Kerasulan Politik


Matakatolik.com - Aula auditorium Samadi mulai dipadati seluruh peserta Rekoleksi Politik Tahap 1 Angkatan 5 Vox Point Indonesia, Sabtu, 03/03/17. Peserta Rekpol datang dari berbagai DPD dan DPW Vox Point Indonesia di tanah air.

Dalam sesi Seminar, Rm. Darmin Mbula, OFM, mengungkapkan bahwa politik itu bertujuan untuk bonum comunne atau kebaikan bersama. Setiap orang harus terbuka terhadap politik.

“Tidak benar bahwa politik urusan duniawi, pastor mengurus Surgawi. Tidak ada dikotomi seperti itu,”
katanya.

Ia menuturkan, politk merupakan gerakan kerasulan. Dengan demikian gerakan politik harus terbuka terhadap Roh Kudus. “Indikator politikus yang mengikuti Roh Kudus adalah memperhatikan orang-orang kecil dan terpinggirkan” ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan spiritualitas kerasulan politik adalah keterarahan seluruh pribadi kepada kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial: kebaikan bersama, kesejahteraan umum.

Romo Darmin kemudian mengharapkan agar spiritualitas kerasulan politik benar-benar dihayati.  “Apabila kita melihat berpolitik merupakan gerakan kerasulan maka kita harus terbuka terhadap Roh Kudus. Kita harus menghayati dengan berefleksi, disermen dan berdoa. Politik itu merupakan sebuah sakramen tanda dan sarana keselamatan,” pungkasnya.

Matakatolik - Nana Wi

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI