Latest News

Pancasila Harus Menjadi Sumber Etika Hidup Generasi Muda Indonesia



Matakatolik.Com-Pancasila seharusnya (das sollen) menjadi sumber etika hidup bagi generasi muda Indonesia di zaman sekarang ini.

Hal ini dikatakan Fritz Fios saat memberikan seminar kepada ratusan mahasiswa Binus University di Kampus Alam Sutra, Tangerang pada Kamis (3/5) lalu dalam kesempatan mengisi kegiatan Binus Festival (Bifest) di kampus itu.

"Pancasila itu berisikan nilai-nilai luhur yang bisa dijadikan sebagai sumber ajaran moral dalam menjalani hidup. Nilai-nilai itu antara lain Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan", kata Fios.

Ia mengatakan, sebagai sumber etika hidup bagi generasi muda, Pancasila dapat menjadi sumber nilai pembentuk character pribadi anak muda sebagai penerus Indonesia di masa depan.

Ia menyebut, saat ini tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia sangat banyak. Hal tersebut membahayakan ketahanan bangsa antara lain: etnosentrisme, radikalisme, intoleransi, narkoba, hedonisme, KKN, cyber crime, konflik sosial, sentimentalisme politik, gaya hidup bebas dll yang dapat mempengaruhi hidup anak muda bangsa masa kini.

"Untuk membentengi diri terhadap berbagai tantangan itu, anak muda harus bercermin diri pada Pancasila agar tidak salah dalam menjalani hidup," ungkapnya.

Seminar ini diikuti oleh ratusan mahasiswa Binus yang hadir memadati Aula Ruang Lantai B0301 Kampus Binus alam Sutra.

Generasi muda, kata dia adalah Pancasila, Pancasila adalah generasi muda.

"Banyak mahasiswa memberikan tanggapan beragam tentang pentingnya nilai Pancasila ini dalam membentuk sikap dan pandangan hidup generasi muda bangsa. Anak muda perlu menyaring hal hal yang negatif dalam menjalani hidup yang sangat menantang di zaman now," pungkas dia.

Matakatolik - Ervan Tou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI