Headline News

Perkuat Toleransi Beragama, Umat Muslim Buka Puasa di Katedral


Matakatolik.Com - Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo menilai kegiatan buka puasa bersama yang digelar di  Gereja Katedral Jakarta sebagai bentuk hormat umat kristiani kepada umat Muslim di DKI Jakarta.

"Selain itu kami berharap semoga ibadah puasa itu menghasilkan buah dan dapat dinikmati oleh babyak orang," Kata Mgr. Suharyo, saat menggelar Buka Puasa Bersama Elemen Lintas Agama di Aula Katedral, Jakarta,  Rabu (6/6/2018).

Menurut dia, kegiatan ini juga untuk mewujudkan program KAJ sebagai tahun persatuan, "Kita Bhineka Kita Indonesia".

"KAJ telah sejak 2016 bahkan hingga 2020 nanti berusaha mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Jadi, sudah tiga tahun KAJ konsisten mulai sila pertama hingga sila ketiga persatuan Indonesia di tahun ini. Dua tahun selanjutnya sila keempat dan kelima," ungkap Mgr. Suharyo.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan mengapresiasi buka puasa bersama yang dilakukan secara rutin oleh KAJ.

"Maka karena itu saya berharap ini dibesarkan dan diteruskan. Kita menyadari bahwa betapa pentingnya komunikasi, interaksi dan kerjasama karena inilah yang membangun kepercayaan," kata Anis.

Menurut dia, salah satu permasalahan masyarakat adalah membangun trust. "Diharapkan dengan aksi seperti ini mampu membangun kedekatan. Dengan inilah kita mampu membangun masyarakat DKI yang kuat," ungkapnya.

Indonesia, kata Anies, adalah salah satu negara yang bhineka tapi kita bukanlah yang paling bhineka. Urutan pertama di Asia yang paling bhineka adalah India. Kedua Afghanistan. Ketiga Papua Nugini dan keempat Indonesia.

"Yang membedakan kita dengan mereka adalah persatuan. Keunikan kita bukanlah kebhinekaan tapi bersatunya. Disitu keunikan kita. Pesan yang harus terus kita dorong adalah bukan pesan yang seakan-akan kita terpolarkan, berbeda-beda tapi pesan yang kita kirimkan bersatu," ungkapnya.

"Maka, apa yang kita buat hari ini menunjukkan bangsa kita satu. Kita menunjukkan toleransi, persaudaraan dan saling menghargai. Semangat inilah yang membuat kita tetap bersatu," pungkas dia.

Matakatolik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI