Latest News

Warga Muslim Tarawih di Situs Patung Perawan Maria


Matakatolik.Com - Sejumlah warga Muslim menjalankan salat Tarawih bulan Ramadan di situs patung Perawan Maria. Otoritas kota setempat mengizinkannya atas nama toleransi.

Situs patung Ibu Yesus itu berada di Taman Jardines del Triunfo (Taman Kemenangan) di  Kota Granada, Spanyol. Pemandangan ini terjadi pada 2017 lalu. Situs ini merupakan situs yang disayangi umat Katolik di kota tersebut.

Izin salat Tarawih di lokasi tersebut dikeluarkan pihak Balai Kota Granada dan disambut baik oleh Wali Kota Francisco Cuenca. Menurut Cuenca hal itu sebagai tindakan yang mempromosikan Granada sebagai ”kota koeksistensi dan toleransi”.

Namun, izin dari otoritas kota itu memicu kemarahan para politisi Granada. Anggota parlemen setempat, Luis Salvador menganggap pelaksanaan salat Tarawih di situs patung Perawan Maria sebagai provokasi.

”Paco Cuenca mengacaukan toleransi dan penghormatan religius dengan provokasi. Menyerukan doa Muslim di  Taman Kemenangan Perawan (Maria)?,” tulis Salvador di Twitter seperti yang dikutip dari Sindonews.Com.

Politisi lainnya, Manuel Olivares, mengkritik keputusan otoritas kota yang mengizinkan warga Muslim salat Tarawih di situs tersebut. Melalui Facebook, Olivares menyebut keputusan pemerintah kota  “disesalkan, tidak dapat dipahami dan tidak sopan”. Namun, tulisan kriitik di Facebook itu telah dihapus meski sudah di-capture Granada Digital.

Partai VOX di Spanyol mengecam keputusan pemerintah Kota Granada, karena di situs itu umat Katolik biasa melafalkan Rosario.

“Acara tersebut untuk mereka yang menunjukkan kepercayaannya dan membela kebiasaan, nilai, dan budaya yang diwarisi dari orang tua kita,” bunyi pernyataan partai tersebut, yang dikutip dari Russia Today, Rabu (14/6/2017).

”Memprotes pemerintah kota ini yang dengan tindakan atau kelalaian, telah memberikan izin dan persetujuan ke ruang publik simbolis diambil alih oleh komunitas Muslim,” lanjut pernyataan Partai Vox.

Tapi, tak semua politisi kota itu menentang. Anggota dewan Partido Socialista Obrero Espanol (PSOE) di Granada, Jemi Sanchez, membela keputusan pemerintah kota.
”Multikulturalisme tidak akan pernah bisa menjadi ancaman, itu adalah nilai tambah,” tulis dia di Facebook.

”Untuk pertama kalinya, Kota Granada mendukung komunitas Muslim-nya untuk merayakan Ramadan di Triumph (taman),” lanjut dia.”(Ini adalah sesuatu) yang belum pernah terjadi sebelumnya yang membawa kita lebih dekat dan membuat kita lebih setara.”

Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI