Latest News

Mgr. Suharyo Ajak Umat Untuk Terus Mengamalkan Pancasila


Matakatolik.Com - Uskup Keuskupan TNI/Polri Mgr. Ignatius Suharyo mengajak umat Katolik untuk terus mengamalkan Pancasila.

"Umat Katolik khususnya di Keuskupan Agung Jakarta dan TNI/Polri untuk terus berusaha dengan  tulus dan serius mengamalkan Pancasila," kata Mgr. Suharyo dalam khotbahnya pada Misa Syukur Hari Raya Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-73 tingkat Keuskupan TNI/Polri di Gereja Katedral Jakarta, Senin (20/8/2018).

Ia menyebut perayaan ini sebagai bentuk kecintaan  umat Katolik TNI/Polri terhadap negara Indonesia.

Menurut Mgr. Suharyo, kemerdekaan paling dasar saat ini adalah kemerdekaan batin dan pikiran.

"Pada perayaan kemerdekaan RI (17 Agustus 1945) diproklamirkan yang ditonjolkan adalah fisik. Kita merdeka dari penjajahan yang sangat lama. Namun sebenarnya kemerdekaan paling dasar adalah  kemerdekaan batin, pikiran dan jiwa. Supaya kita bebas dari kepentingan sesaat dan sempit. Kita berjuang untuk kebaikan bersama," kata Mgr. Suharyo

Pada kesempatan tersebut Mgr. Suharyo juga berdoa khusus agar di HUT ke - 73 bangsa Indonesia tetap aman, damai, mengedepankan persaudaraan dan mengamalkan Pancasila.

"Lindungilah tanah air kami. Karena pada hari ini kami masih boleh bersyukur bersama umat Katolik TNI/Polri," ungkap Mgr. Suharyo.

Mgr. Ignatius Suharyo didampingi Mgr. Dos Santos (Uskup Militer Italia/OMI), dua Imam Keuskupan Militer Italia, dan Para Romo OCI se-Gartap I/Jakarta.

"Perayaan HUT RI ke - 73 tahun ini bagi kita warga OCI terbilang istimewa karena bertepatan dengan Kunjungan Yang Mulia Uskup Militer Negara Italia beserta Rombongannya ke Keuskupan Umat Katolik TNI/Polri (OCI)," puji Mgr. Suharyo.

Perayaan ini dihadiri ratusan umat Katolik dari keluarga besar TNI/Polri (Ordinariatus Castrensis Indonesia/OCI).

Hadir pula Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI Eusabius Binsasi bersama istrinya Susana Sarumaha.

Matakatolik - Ervan Tou

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI