Latest News

Mgr. Suharyo Ajak Umat Katolik Meneladani Warisan Pahlawan


Matakatolik.Com - Uskup Umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri (Ordinariatus Castrensis Indonesia/OCI), Mgr. Ignatius Suharyo, mengajak umat Katolik untuk meneladani warisan pahlawan Katolik.

Pernyataan tersebut disampaikan Mgr. Suharyo saat berkhotbah dalam Misa Kudus umat Katolik di lingkungan Polri yang berlangsung di gedung Mutiara Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Menurutnya, pahlawan Katolik Indonesia telah berkontribusi besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Para pahlawan Katolik Indonesia telah mewariskan banyak hal baik untuk mencintai negera Indonesia,” ungkap Mgr. Suharyo.

Oleh karena itu, kita diminta untuk melakukan atau melaksanakan hal-hal baik seperti yang telah diwariskan oleh pahlawan Katolik Indonesia. Upaya tersebut demi terwujudnya kesucian dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan inspirasi para pahlawan kita dapat mendorong untuk mempersatukan kita, sambil menjalankan langkah konkrit mendapat jalan kesucian dengan mewujudkannya dengan cara mencintai tanah air,” katanya.
   
Ia mengatakan kita boleh bersykur karena ada banyak pahlawan Katolik dari berbagai latar belakang. Seperti dari hirarki, Monsinyur Albertus Magnus Soegijapranoto, SJ dan tokoh awam Katolik Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono.

Kemudian dari lingkungan militer ada Yos Sudarso, Agustinus Adisoetjipto, dan Ignatius Slamet Rijadi.

“Moga-moga nanti ada lagi pahlawan seperti itu yang dengan iman katolik sungguh menyerahkan dirinya berbakti dan menyerahkan hidupnya dalam rangka mencintai tanah air,” harap Mgr. Suahryo.

Oleh karena itu, kata Mgr. Suharyo, sekecil apa pun yang kita buat dalam rangka mewujudkank iman kita dalam bentuk mencintai tanah air,  itu adalah tanda menuju kesucian.

Itulah sebabnya, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) sejak 2016 mengajak umatnya untuk mengamalkan Pancasila.

“Tahun ini rumusannya Kita Bhineka, Kita Indonesia. Tahun depan (2019) Rakyat Berhikmat Bangsa Bermartabat, yang merupakan rumusan dari sila keempat Pancasila,” ungkapnya.


Pada Misa Kudus ini Mgr. Suharyo tampil sebagai Konselebran utama. Ia didampingi Pasbanmilpol OCI RD. Rofinus Neto Wuli dan Pastor Kepala Paroki Santo Johannes Baptista Parung RD. Yustinus Joned Saputra.

Misa Kudus ini merupakan program Pembinaan Rohani (Binroh) untuk umat Katolik Polri yang melibatkan umat Katolik di Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

Hadir pada kesempatan ini Umat Katolik Polri, PNS Polri, Purnawirawan dan Warakawuri.

Hadir juga para petinggi Katolik Polri seperti Komjen Pol (Purn) Gories Mere yang merupakan Staf Khusus Presiden Bidang keamanan dan intelijen. Kemudian Irjen Pol Remigius Sigid (Gubernur PTIK), Irjen Pol Widiyanto Poesoko (Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam RI), Brigjen Pol Chrysnanda Dwilaksana (Korlantas), Brigjen Pol Johanes Kwartanto (Komisi Judisial).

Acara ini berlangsung sukses dan mengesankan berkat kerja keras dan kerja sama panitia yang dikoordinir Kombes Pol Heribertus Dahana. Ia dibantu panitia Kombes Pol Sri Suari, AKBP Gaspar Mikel da Costa, AKBP Lies Youya, Kompol Petronela dan Ipda Yustinus.

Matakatolik – Ervan Tou

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI