Latest News

Pancasila Harus Diimplementasikan


Matakatolik.Com - Pancasila harus menjadi landasan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tak hanya disebutkan, namun harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pancasila sering diucapkan tapi jauh dari pelaksanaan dari norma Pancasila. Apalagi kalau sama sekali kita tak sebut Pancasila," kata Tokoh Budaya Lampung, Ignasius Darmadi, dalam Seminar Kebangsaan yang diselenggarakan DPD Vox Point Indonesia Lampung, di Wisma Albertus, Keuskupan Tanjung Karang, Lampung, Minggu (30/9/2019).

Ia mengatakan cara implementasi Pancasila sangat sederhana. Misalkan aktif di  lingkungan RT/RW.

"Ketika menanamkan Pancasila di tengah masyarakat, maka kita harus hadir di semua lini. Baik itu rapat RT, RW maupun di kelompok masyarakat lainnya," ujar dia. 

Ia mengajak ratusan peserta yang hadir Seminar Kebangsaan ini agar menjadi garam dan terang di tengah masyarakat.

"Kita ada dimana-mana, tapi tidak kemana-mana." Seperti spirit kebangsaan yang terus digelorakan Vox Point Indonesia.

Menurutnya, masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi atau menghargai kebersamaan. Masyarakat Indonesia cinta kebhinekaan.

"Sikap ini jangan sampai digaransi oleh orang fundamental," ujarnya.

Untuk itu ia mengajak umat Katolik dan  kader muda Katolik khususnya untuk mau memulai mempraktekkan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Maka, kader Katolik harus nampak dan memulainya. Kita bangkitkan kepemimpinan kita sebagai kader yang baik," pungkas dia.

Matakatolik - Ervan Tou

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI