Latest News

FLT Dorong Pemuda Menjadi Pelopor Perdamaian


Matakatolik.Com - Ketua Komisariat Daerah Pemuda Katolik Jawa Barat, Frederikus Lusti Tulis (FLT), mendorong Pemuda untuk selalu menjadi pelopor perdamaian dan kerukunan di tengah kemajemukan.

Menurut Ferdi Tulis, panggilan akrabnya, hal tersebut sangat diperlukan karena derasnya arus globalisasi yang turut serta membawa masuk berbagai paham dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan nilai – nilai budaya bangsa.

Hal tersebut disampaikan FLT yang saat ini juga merupakan Calon Anggota Legislatif DPRD Propinsi Jawa Barat dari Partai NasDem Dapil Jabar 5 meliputi Kota Bogor dalam Masa Penerimaan Anggota  (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Kota Depok dan Kota Bogor bertemakan “Kader Pemuda Katolik Berkarakter Kebangsaan”, Sabtu (20/10/2018) bertempat di Daeng Resto Kota Depok.

“Melalui kaderisasi Pemuda Katolik saat ini saya berharap Organisasi Pemuda Katolik untuk terus menjadi garam dan terang seturut Sabda Allah sehingga dapat menghasilkan buah dengan menjadi pelopor perdamaian dan kerukunan serta dapat hidup atas dasar nilai – nilai Kerajaan Allah,” ujar FLT.

Terlebih menjelang Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, FLT mengingatkan kepada para pemuda untuk terlibat aktif membantu negara dalam memecahkan persoalan bangsa saat ini.

Persoalan bangsa Indonesia saat ini begitu besar, luas dan majemuk sangat kompleks dan saling berhubungan. Mulai dari terabaikannya Pancasila sebagai dasar penyelenggaraan negara dan pemerintahan, menguatnya paham radikalisme, keinginan mengubah ideologi Pancasila dan desakan membentuk negara berdasarkan agama ditambah krisis keteladanan para pemimpin masyarakat serta belum terpecahkannya kemiskinan, ketidakadilan dan kesenjangan ekonomi.

FLT pula memandang generasi muda masa kini yang sering disebut generasi milenial perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius karena rentan untuk dipengaruhi paham atau pun ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.


CSIS melakukan survei terhadap generasi milenial terkait dengan sikap mereka bila ada gagasan yang hendak mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

Hasil survei menunjukkan 90, 5 persen generasi milenial tidak setuju adanya upaya penggantian Pancasila namun terdpat 9,5 persen setuju Pancasila diganti.

"Artinya apa generasi milenial sangat rentan dipengaruhi oleh ide dan gagasan penggantian Pancasila sebagai idelogi bangsa. Ditambah pula dengan 53,7 persen dari mereka tidak mau menerima pemimpin yang berbeda agama. Ketertutupan untuk mau menerima dipimpin oleh orang yang berbeda agama ini patut menjadi keprihatinan kita bersama," ujar dia.

Dalam Mapenta ini selain FLT juga menghadirkan narasumber diantaranya RP. Alforinus Gregorius Pontus, OFM (Pastor Moderator Bidang Kemasyarakatan Dekenat Utara Keuskupan Bogor), Antonius Beny (PP Pemuda Katolik), Darius Lekalawo (Ketua ISKA Kota Depok) dan Andreas Arya (Staf Kepresidenan RI) yang turut memberikan perspektif kebangsaan dan pengalaman keterlibatan dalam sosial kemasyarakatan. 

Dalam Muskomcab  telah terpilih Aroli Ignatius Zai sebagai Ketua Komcab Kota Depok dan Robertus Gatot Arianto sebagai Ketua Komcab Kota Bogor. Keduanya diberikan mandat untuk memimpin organisasi periode 2018 – 2021.

Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI