Latest News

Presiden Kim Jong-un Undang Paus Fransiskus ke Korea Utara, Ada Apa?


Ket. Foto:Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat mengunjungi pemakaman perang Martyrs Cemetery dari Relawan Rakyat China di Kabupaten Hoechang, Provinsi Phyongan Selatan.

Matakatolik.Com - Presiden Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan mengundang pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, untuk mengunjungi Pyongyang.

Hal itu merupakan isyarat untuk menyoroti upaya perdamaian di semenanjung Korea, tulis kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (19/10/2018).

Mengingat tidak adanya hubungan diplomatik resmi antara Korea Utara dan Vatikan, Presiden Korsel Moon Jae-in berinisiatif menyampaikan surat undangan dari Kim Jong-un kepada Paus Fransiskus, yang akan dilakukan di sela-sela perjalanannya ke Eropa, pada Rabu – Kamis pekan ini.

"Presiden Moon akan mengunjungi Vatikan pada 17 dan 18 Oktober, untuk menegaskan kembali dukungannya bagi perdamaian dan stabilitas semenanjung Korea," kata jurubicara Gedung Biru --pusat pemerintahan Korsel-- Kim Eui-kyeom.

"Terutama ketika Presiden bertemu dengan Paus Fransiskus, dia akan menyampaikan pesan Pemimpin Kim bahwa Pyonyang akan menyambut dengan sangat rendah hati (kedatangan Paus)," lanjutnya.

Kim Jong-un mengatakan kepada Presiden Moon Jae-in tentang keinginannya untuk bertemu Paus selama pertemuan puncak kedua pemimpin bulan lalu, tambah juru bicara terkait, tanpa merinci waktunya.

Di lain pihak, Paus Fransiskus mengatakan dia ingin mengunjungi Jepang tahun depan.

Sementara itu, konstitusi Korea Utara menjamin kebebasan beragama selama tidak melemahkan negara, tetapi di luar segelintir tempat ibadah yang dikendalikan pemerintah pusat, rakyat tidak diperbolehkan melaksanakan peribadatan secara terbuka.

Undangan kepada Paus Fransiskus adalah yang pertama oleh pemimpin Korea Utara sejak tahun 2000. Meskipun pertemuan itu, yang diusulkan oleh ayah Kim, Kim Jong-il, tidak pernah terwujud, rencana kembali mengundang pemimpin Gereja Katolik adalah inisiatif diplomatik yang mengejutkan publik saat ini.

Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI