Latest News

Mgr. Sensi Potokota Ajak Umat Katolik untuk Mencintai Katolik dan NKRI


Matakatolik.Com - Uskup Keuskupan Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, mengajak umat Katolik untuk mencintai Gereja Katolik dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ajakan tersebut disampaikan Mgr. Sensi dalam sambutannya pada Misa Inkulturasi Flobamora di Anjungan NTT, TMII, Jakarta (18/11/2018).

"Saya ingat himbauan para gembala (Uskup) se-Indonesia supaya masyarakat Katolik merasa terpanggil untuk terus menjadi umat Katolik dan warga Indonesia yang 100% Katolik dan 100% Indonesia," ungkap Mgr. Sensi.

Misa Inkulturasi Flobamora ini di gelar  untuk menyambut Uskup baru Keuskupan Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu.
Misa ini juga sebagai ungkapan syukur untuk Uskup Emeritus Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira yang telah memimpin Keuskupan Weetebula dan Keuskupan Maumere.

Acara ini dihadiri ribuan umat Katolik asal NTT se-jabodetabek.

Mgr. Sensi mengapresiasi acara ini. Ia mengatakan partisipasi dan kehadiran umat Katolik Flobamora membuktikan bahwa mereka mencintai Gereja dan bangsa.

"Terima kasih atas kehadiran kita di sini sebagai murid Yesus, sebagai anggota Gerjea Katolik. Sebagai Uskup, kami berharap kegiatan kita ini semakin mempererat  kekompakan. Kita adalah satu iman dalam Gereja Katolik sebagai bagian dari gereja universal. Kami berharap tetap kompak sebagai murid Yesus dan sebagai masyarakat NTT," katanya.

Ia juga mengatakan kehadiran para Uskup di acara ini adalah  simbol kehadiran gereja universal.

Ia mengajak umat untuk terus berkontribusi bagi Gereja dan bangsa Indonesia. Umat Katolik, kata dia, harus hadir secara signifikan dan relevan.

"Kita ingin menghimbau. Kita hadir di bangsa ini secara signifikan dan relevan. Kita tak hanya dihitung saja tapi berperan secara signifikan untuk hidup santun, bertoleransi dan berdemokrasi di NKRI. Kemudian berkaitan dengan relevan. Kita mesti memperlihatkan kualitas kita hadir dimana memberi kesaksian nilai Katolik  untuk bangsa kita," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan terima kasih kepada Uskup Emeritus Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira yang telah memimpin Keuskupan Weetebula dan Keuskupan Maumere.

"Sebagai Uskup mewakili 9 Uskup (NTT) atas nama mereka semua saya mengucapkan terima kasih kepada Uskup emeritus yang sudah mengabdi dengan setia dan sudah menjadi sumber inspirasi bagi kami. Terima kasih sebagai gembala umat kita di NTT," ujar dia.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat  untuk Uskup Keuskupan Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu. "Selamat bergabung bersama Waligereja," sambungnya.

Misa ini berlangsung secara konselebrasi. Tampil sebagai Konselbran utama Uskup Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus  Sedu.

Ia didampingi Uskup Keuskupan Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Uskup Keuskupan Weetebula, Mgr. Edmund Woga, CSsR dan Uskup Emeritus Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira.

Kemudian beberapa Imam asal NTT seperti Pastor Moderator DPN Vox Point Indonesia RD. Rofinus Neto Wuli.

Hadir pada kesempatan ini Wakil Gubernur NTT, Yosef Nai Soi bersama isteri. Anggota DPR RI Fraksi Golkar Melkias Mekeng, Bupati Sikka Robby Idong bersama istri. Hadir juga beberapa tokoh NTT se-jabodetabek seperti Stef Agus, Petrus Selestinus, Blasius Bapa.

Matakatolik - Ervan Tou

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI