Headline News

Ke Vatikan, Menteri Susi Bertemu Paus Fransiskus


Menteri Susi Pudjiastuti Saat Bertemu Paus Fransiskus

Matakatolik.Com-Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, bertemu Paus Fransiskus atas undangan Tahta Suci Vatikan di Roma, Rabu (13/12/2018) waktu setempat.

Sebelumnya Paus Fransiskus menyerukan pentingnya menjaga keutuhan lingkungan hidup pada Our Ocean Conference di Bali pada Oktober 2018 lalu. Konferensi itu dihadiri para pemimpin dunia kelautan yang punya komitmen bersama menjaga ekosistem laut dan isu penangkapan ikan ilegal.

Sebagaimana diberitakan beberapa TV swasta Rabu (13/12) malam, Menteri Susi jadi salah satu pemimpin berbagai negara yang ditemui Paus Fransiskus di Vatikan Roma. Paus Fransiskus menyadari adanya kejahatan kemanusiaan dalam praktek illegal fishing di laut.

Dalam pertemuan itu, Paus Fransiskus menyerukan pentingnya membangun komitmen dan kerja sama global dalam menjaga rumah bersama yakni alam dan lingkungan hidup.

Menteri Susi sangat menghargai seruan Paus Fransiskus serta pentingnya menjaga laut sebagai bagian dari menghormati kemanusiaan.

Susi berharap seruan Paus Fransiskus menjadi perhatian bagi pemimpin dunia untuk menghilangkan kejahatan kemanusiaan di laut.

Perhatian Paus Fransiskus pada lingkungan hidup dibuktikan dengan dikeluarkannya ensiklik Laudato Si  (Terpujilah Tuhan) pada 2015 lalu. Ensiklik ini dikeluarkan di tengah semakin rusaknya alam sebagai rumah bersama oleh perilaku eksploitatif manusia.

Dalam kesempatan itu, Menteri Susi juga sempat mengundang Paus Fransiskus untuk mengunjungi Indonesia.

Leksi Nantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI