Latest News

PMKRI Minta Tarik Pulang Militer dari Papua


Matakatolik.Com - Ketua Umum Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI), Juventus Prima, meminta pemerintah Republik Indonesia untuk menarik militer dari tanah Papua.

"Tarik militer dari tanah Papua, dan mulailah dengan dialog yang penuh kasih sehingga tidak ada korban baik di kalangan warga sipil maupun aparat keamanan," kata dia, seperti dilansir RMOL.Co, Kamis (6/11/2018).

Ia meminta agar pemerintah secara tegas dan serius menyelesaikan persoalan di Papua bukan dengan jalan kekerasan, tetapi dengan pendekatan kultural dan dialog.

Ia mengatakan, pembantaian 21 orang pekerja di Kabupaten Nduga, Papua adalah reaksi orang Papua terhadap represivitas yang mereka alami selama ini di tanah mereka sendiri.

Ia menyebut peristiwa di Nduga seperti fenomena gunung es. Ini yang tampak ke permukaan.

"Ada masalah serius yang berada di akar rumput sana yakni ketidakadilan, kemiskinan, intimidasi, pelangggaran HAM, dan sebagainya," terangnya.

Juventus menekankan, orang Papua bukanlah bangsa terjajah yang setiap saat diintimidasi dengan kekuatan militer. Namun, mereka adalah bagian dari Indonesia merdeka.

"Harusnya menggunakan pendekatan dari hati ke hati, dialog, dan bukan atas nama pemerataan pembangunan lantas segala hal boleh termasuk mencabut nyawa warga sipil," lanjutnya.

Ervan Tou









 

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI