Headline News

Paus Menilai Pertemuan Kim-Trump sebagai Contoh "Budaya Pertemuan"


Donald Trump dan Kim Jong-un berjabat tangan selama pertemuan di zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Matakatolik.com-Paus Fransiskus mengirim salam kepada para protagonis dari sebuah pertemuan bersejarah di Semenanjung Korea.

“Dalam beberapa jam terakhir ini, kita telah melihat di Korea contoh yang baik dari 'budaya perjumpaan',” kata Paus Fransiskus setelah pembacaan Angelus pada hari Minggu.

Bapa Suci merujuk pada pertemuan yang terjadi antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump pada hari sebelumnya. 

Pertemuan itu terjadi di "DMZ", "zona demiliterisasi" antara Korea Utara dan Korea Selatan. 

Setelah berjabat tangan, Presiden Trump menyeberang sebentar ke Korea Utara. Ia menjadi Presiden AS pertama yang melakukannya. 

Kedua pemimpin kemudian melakukan pembicaraan selama satu jam di sebuah gedung yang dikenal sebagai "Freedom House," di sisi perbatasan Korea Selatan.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, juga hadir untuk waktu yang singkat. 

Doa untuk Perdamaian

Paus Fransiskus mengirimkan salamnya kepada "protagonis" dari pertemuan itu, dengan doa "agar gerakan yang begitu signifikan dapat menjadi langkah lebih lanjut di sepanjang jalan damai.

Tidak hanya di semenanjung (Korea) itu, tetapi untuk seluruh dunia.

Dalam pertemuan sebelumnya yang berlangsung tahun lalu di Singapura, Trump dan Kim berkomitmen untuk "denuklirisasi" Semenanjung Korea, tanpa masuk ke rincian spesifik. 

Pertemuan puncak awal tahun ini gagal tanpa membuat kemajuan, tetapi kedua negara sekarang telah sepakat untuk membentuk tim untuk melanjutkan pembicaraan.

Matakatolik
Sumber: VatikanNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published by Sahabat KRISTIANI