• Latest News

    Kamis, 23 November 2017

    Ketum Pemuda Katolik: Pemuda Katolik Harus Perangi “Human Trafficking” Di NTT



    Matakatolik.com-Kasus perdagangan manusia (human trafficking) semakin merajalela di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bahkan pemerintah menetapakan ini sebagai masalah darurat yang harus segera diselesaiakan.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember lalu memerintahkan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTT) Brigadir Jenderal Polisi Endang Sunjaya segera menyelesaikan kasus perdagangan manusia (human trafficking) yang masih terjadi.

    "Pada Senin (28/12) sebelum Pak Presiden bertolak ke Jakarta, beliau sudah menegaskan kepada saya untuk menyelesaikan kasus human trafficking yang meresahkan masyarakat NTT," kata Kapolda NTT kepada wartawan di Kupang, Kamis, seperti dilansir antaranews.com.

    Ia mengatakan, Presiden sangat serius menyampaikannya karena kasus perdagangan manusia, termasuk berkedok menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI), di NTT sangat tinggi dan jumlah.

    Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Karoline Margret Natasa pun ikut menanggapi masalah serius ini. Karolin mengajak seluruh Pemuda Katolik di NTT untuk bersama-sama melawan Human Trafficking.

    Alasannya jelas kata karolin, kasus tersebut merupakan kejahatan terhadap kemanusian, dan biasanya si pelaku merupakan orang-orang dekat disekitar kita, karena yang sering membujuk mereka untuk berangkat mencari kerja adalah orang tua mereka itu sendiri.

    “Kita jangan dulu menyalahkan orang lain yang menjual ke luar negeri deh. Tetapi yang menjual mereka di kampung itu siapa? Bapaknya kah, pamannya kah, atau kelurarganya kah? Kadang-kadang sering kali yang membujuk untuk berangkat mencari kerja malah keluarga dekat mereka,” jelasnya di Hotel Wailiti, Sikka, Minggu 26/3/2017.

    Korban perdagang manusia ini jelasnya karena tergiur dan diberikan mimpi dengan gaji yang besar, tetapi kenyataan yang terjadi tidak seperti itu. Kita sebagai Pemuda Katolik harus melawan human trafficking ini dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama umat Katolik.

    Kita memilki banyak ordo-ordo Katolik yang tersebar di NTT yang telah banyak membantu korban human trafficking. Pemuda Katolik harus bekerja sama dengan mereka dalam usaha memberantas perdagangan manusia ini.

    Matakatolik
    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ketum Pemuda Katolik: Pemuda Katolik Harus Perangi “Human Trafficking” Di NTT Rating: 5 Reviewed By: admin
    Scroll to Top