Latest News

Kebhinekaan adalah keniscayaan

Ket.  Foto: Umat  Lingkungan  St.  Philipus-Paroki St.  Yosef -Matraman-Jakarta Timur

Matakatolik.com - Ada banyak cara yang dilakukan oleh  umat Katolik menjelang perayaan Hari  Raya Natal. Hal ini tentu saja  untuk meningkatkan kualitas iman. Salah satu cara adalah dengan menggelar Pendalaman Iman.

Seperti yang dilakukan oleh umat Lingkungan St. Philipus, Paroki St. Yoseph Matraman, Jakarta Timur. Kali ini, mereka menggelar  Pendalaman Iman selama satu bulan.

Tema yang diangkat sesuai dengan arahan yang dibuat oleh Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yakni "Kebhinekaan Berawal dari rumah".

Tema tersebut dibagi dalam empat pertemuan dengan tema: Cinta Tanah Air, Menjadi Manusia dari Rumah, Keluarga Bersikap Adil dan Kebhinekaan Cermin Keadaban. Tema-tema tersebut terinspirasi dari Ardas KAJ yaitu Amalkan Pancasila, Makin Adil Makin Beradab.  

Ada beberapa hal yang menjadi hal penting dalam  pertemuan masa adven tahun ini:

Pertama, umat diajak untuk mencintai Pancasila dan mengetahui makna dari setiap butir Pancasila dalam terang iman, dan diwujudkan dalam tindakan nyata menjaga keutuhan NKRI.

Kedua, umat diajak untuk melihat ke dalam keluarga, bagaimana membangun komunikasi yang penuh cinta, sehingga setiap anggota keluarga yang menerimanya dimanusiakan. Dengan demikian salah satu dari bagian Pancasila telah diwujudkan dalam terang iman.

Ketiga, umat diajak untuk lebih dalam lagi mengamalkan Pancasila dengan tindakan adil kepada anggota keluarga dan masyarakat.

Keempat, umat diajak untuk menghargai siapapun melampaui batas-batas yang dibuat manusia. Umat diajak menghargai sesama karena martabat yang sama sebagai ciptaan Tuhan. Dengan kata lain, umat diajak pula menghargai Kebhinekaan dalam keluarga dan masyarakat sehingga terciptalah harmoni dan kedamaian.

Silvester Detianus Gea - Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI