• Latest News

    Minggu, 06 Mei 2018

    Kelompok Gerakan Merajut Kebangsaan Menggelar Pentas Seni Budaya

    Matakatolik.Com - Kelompok Gerakan Merajut Kebangsaan menggelar Pentas Seni Budaya Lintas Agama di Sanggar Prathivi Building, Jl. Pasar Baru Selatan No. 23, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018). Acara ini bertujuan untuk memperkuat persaudaraan dan persahabatan sesama anak bangsa.

    “Dengan seni budaya kita merajut persaudaraan dan persahabatan diantara anak bangsa yang berbeda-beda,” kata salah satu Inisiator Gerakan Merajut Kebangsaan JB. Djoko Suhono.

    Acara yang bertajuk “Dengan Seni Budaya Kita Merajut Persaudaraan dan Tali Persahabatan Anak Bangsa” ini merupaka kegiatan ketiga setelah terbentuknya perkumpulan ini. Pada 2017 lalu sudah diselenggarakan dua kegiatan yakni Sarasehan Pemuka Agama dan Seminar Kebangsaan.

    “Ini adalah kegiatan ke-3 dari Gerakan Merajut Kebangsaan yang dikomandoi oleh KH. Mustholikin Madjid (Gus Mus),” kata Ketua Panitia Yohanes Handojo Budhisedjati.

    Ia berharap acara ini akan bermuara dengan kesepakatan bersama untuk melestarikan gerakan tersebut menjadi sebuah FORUM.

    “Forum ini bersifat cair dan akan mengakomodasi setiap elemen bangsa yang berkehendak baik dalam menjaga 4 konsensus dasar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Handojo.

    Lebih lanjut Handojo yang adalah Ketua Umum Vox Point Indonesia ini mengatakan kegiatan ini sengaja tidak dilakukan dengan acara seremoni yang megah.

    “Tapi dengan penuh kesederhanaan. Yang terpenting adalah kebersamaannya. Bagaimana masing-masing dari kami bisa berkontribusi membuat acara ini berhasil,” harap Handojo.

    Ia juga berharap acara ini dapat memperkuat relasi kita sebagai sesama anak bangsa. “Alangkah indahnya saling menghargai, saling mendukung, saling berbagi dan saling memahami dalam menciptakan kesejahteraan bersama sebagaimana yang dicita-citakan para Founding Fathers saat merebut Kemerdekaan,” ujar Handojo.

    Acara ini diisi dengan berbagai atraksi diantaranya Tari Bali “Legong Lasem” yang dibawakan oleh kelompok PHDI. Kemudian Tari Betawi “Topeng Gong” dipersembahkan kelompok Katolik. Selain itu ada penampilan Pagar Nusa dari Kelompok Nahdlatul Ulama dan “Tari Keroncong” dari Gereja Kristen Indonesia. Ada pula penampilan “WU Shu” dari Majelis Tinggi Agama Khong Hu Cu dan Marawis dari kelompok MAKTAH Depok.

    Acara ini ditutup dengan lagu Indonesia Raya dan Tanah Air yang dibawakan oleh Paduan Suara Santo Matias Cinere.

    Kelompok Gerakan Merajut Kebangsaan merupakan sebuah perkumpulan dari berbagai organisasi dan kelompok lintas agama. Perkumpulan ini berdiri pada tahun 2017 yang lalu.

    Matakatolik – Ervan Tou
    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kelompok Gerakan Merajut Kebangsaan Menggelar Pentas Seni Budaya Rating: 5 Reviewed By: admin
    Scroll to Top