Latest News

NYD2: Sukacita Dalam Keberagaman






Matakatolik.Com- Kota Kupang dibanjiri oleh Orang Muda Katolik (OMK) dari seluruh keuskupan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 693 OMK berkumpul dalam acara Nusra Youth Day (NYD2) yang berlangsung di Kota Kupang, dari 30/6-4/7-2018.

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng, RD Benny Denar melalui pesan Whatsapp (WA) menjelaskan pada kegiatan NYD2 ini para OMK diajak untuk merasakan langsung kehidupan umat di kota Kupang melalui kegiatan live-in.

“Kegiatan live-in ini tentu sangat perlu dan penting karena ini bagain dari formasi bagi OMK. Selain itu, live-in juga bertujuan supaya OMK  merasakan budaya dan kebiasaan yang berbeda”, jelas Rm. Benny.

Kegiatan yang bertajuk, “Sukacita dalam Keberagaman” ini,  diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang, Pr. Misa ini dihadiri oleh puluhan imam, serta undangan dari berbagai kalangan, di aula Paroki Maria Asumpta Kupang, Selasa, 3 Juli 2018. 

Setelah perayaan ekaristi, dengan berbusana daerah NTT, para peserta mengikuti parade budaya dari gereja Maria Asumpta Kupang menuju Rumah Jabatan Gubernur NTT

“ Peserta NYD2 ini mengikuti parade budaya. Ini cara menjaga dan melestarikan kasana budaya di NTT. Selain itu melalui parade ini, generasi muda NTT menjadi lebih mencintai dan merawat kekayaan budayanya”, jelas pendamping kontingan OMK keuskupan Ruteng ini.



Para peserta parade jelas Rm. Beny diterima langsung oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya  di halaman rumah jabatannya lalu peserta mengikuti upacara opening ceremony.

Dalam sambutannya gubernur NTT, Frans Lebu Raya meminta OMK untuk terus memiliki semangat guna membangun gereja dan bangsa.

Pada kesempatan itu juga, Lebu Raya menyampaikan terima kasih atas dukungan kepada dirinya selama 10 tahun memimpin NTT.



Sementara itu, Uskup Agung Kupang dalam sambutannya menegaskan tanggung jawab gereja untuk mendengarkan orang muda. Gereja harus secara terus-menerus membangun dialog dengan orang muda. Sebab pada tangan merekalah masa depan gereja diletakan.

Uskup Turang  pun  berharap agar OMK bisa menjadi pelaku sukacita injil dalam bangsa yang majemuk.

Selama mengikuti NYD2 para peserta akan mengikuti seminar seputar keberagaman, perdagangan manusia, politik cinta kasih, Medsos dan Hoax, Ekonomi Kreatif, Militansi OMK, Psikologi Orang Muda, dan Tolak Radikalisme.

Selain itu, peserta juga mengikuti katekese, ibadat taize, ibadat tobat, dan berbagai kegiatan rohani lainnya, termasuk mengunjungi Taman Ziarah Oebelo.



Rangkain kegiatan NYD2 akan ditutup dalam misa penutupan yang akan berlangsung pada Jumat, 6 Juli 2018.

North-Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI