• Latest News

    Kamis, 01 Maret 2018

    Parpol Harus Merebut Suara Milenial


    Keterangan foto: Diskusi Politik Vox Point Indonesia, Kamis (1/3/2018)

    Matakatolik.com – Suara milenial atau pemilih pemula dalam kontestasi pilkada, pileg dan pilpres memberi kontribusi menjanjikan terhadap partai politik. Maka, tugas partai politik harus mampu merebut dengan cara memberi kesempatan kepada generasi muda.

    Hal tersebut ditegaskan oleh Peneliti CSIS, Arya Fernandez, dalam Diskusi Politik yang bertajuk ‘Partai Politik Berebut Suara Milenial’.

    Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia, di Sekretariat Vox Point Indonesia, Sanggara Prathivi Building, Jl. Pasar Baru Selatan, No. 23, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).

    “Maka salah satu cara yang dilakukan oleh partai politik adalah memberi kuota bagi anak-anak muda, dalam hal pencalegkan dan dalam hal daearah pemilihan (Dapil). Seperti memebrikan dapil yang strategis. Jangan sampai beri dapil yang neraka atau nomor urut buncit,” kata Arya.

    Selain itu, parati politik, juga harus melakukan jenjang karir yang jelas.

    “Tujuannya agar orang-orang yang terlibat dalam politik, dapat menentukan bahwa politik adalah kepastian karir,” ungkapnya.
    Jika hal tersebut dilakukan, ia optimis orang muda banyak yang terlibat.

    “Seperti mahasiswa atau aktivis muda juga ingin berpolitik karena ada kepastian karir. Maka, partai harus memebrikan akomodasi dan proses regenerasi kader,” ujar Arya.

    Namun, kata dia, partai politik tetap mengedepankan aturan yang berlaku. “Caranya, tentu melihat karakteristik mereka. Harus melihat bagaimana kemampuan mereka dalam berpolitik,” ungkapnya.  

    Sekretaris Jenderal (Sekjen) Vox Point Indonesia Lidya Natalia Sartono punya pandangan lain. Menurut dia, kurangnya minat generasi milenial bergabung dalam parpol karena terbentur dengan standar konvensional yang masih berlaku. Padahal, kata dia, cara konvensional menguras tenaga dan waktu.

    “Tapi, bukan berarti cara konvensional salah. Namun, perlu diperbaiki sesuai dengan tuntutan jaman,” kata Lidya.

    Diskusi politik ini merupakan agenda bulanan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia. “Kami terus bertekad menyelenggarakan diskusi politik ini setiap bulan. Program ini, sebagai salah satu nafas perjuangan Vox Point Indonesia.

    Tujuannya, agar kita semakin sadar bahwa politik adalah salah satu kunci kemajuan negara,” kata Ketua Umum DPN Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati.

    Ervan Tou - Matakatolik
    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Parpol Harus Merebut Suara Milenial Rating: 5 Reviewed By: admin
    Scroll to Top
    ×
    vox point