Latest News

Hari ini, Uskup Purwokerto Mgr. Tri Harsono Ditahbiskan



Ket Foto: Penandatanganan Janji Kesetiaan dan Ketaatan pada Gereja oleh Mgr Christophorus Tri Harsono pada acara Salve Agung di Gereja Katedral Purwokerto, Senin (15/10/2018).

Matakatolik.Com - Uskup baru Keuskupan Purwokerto Mgr. Christophorus Tri Harsono  ditahbiskan pada bari ini, Selasa 16 Oktober 2018 di Graha Widyatama, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Dilansir dari Antara, Ketua Panitia Pentahbisan Romo F.X. Handi Christian menyatakan, Mgr Tri Harsono akan ditahbiskan oleh Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur, dan Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan.

Ia mengatakan misa pentahbisan dihadiri Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo sebagai wakil Paus Fansiskus dan gereja-gereja Katolik se-dunia.

Selain itu, kata dia, sebanyak 35 uskup dari seluruh Indonesia juga akan ikut menghadiri upacara pentahbisan dan menumpangkan tangan berkat kudus.

"Tahbisan Uskup adalah peristiwa penting dalam sejarah Gereja Katolik. Melalui pentahbisan uskup berarti dibangunlah suatu jembatan baru yang menghubungkan kuasa Tuhan Yesus dengan kuasa rasul yang diterima para uskup sampai hari ini," katanya.

Menurut dia, penumpangan tangan merupakan salah satu bagian penting dalam pentahbisan uskup karena merupakan simbol pemberkatan, pencurahan Roh Kudus, dan bentuk penyatuan uskup baru dalam kolegialitas para uskup.

Lebih lanjut, Handi mengatakan rangkaian kegiatan Tahbisan Uskup Purwokerto dimulai pada hari Senin (15/10), pukul 18.00 WIB, berupa ibadat agung di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto.


"Sementara Tahbisan Uskup yang digelar Graha Widayatama Unsoed pada hari Selasa (16/10), akan dimulai pada pukul 15.00 WIB. Usai pentahbisan akan ada acara tambahan berupa pertemuan Rektor Unsoed dengan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia," katanya.

Ia mengatakan pada hari Rabu (17/10) akan diadakan misa perdana Mgr Tri Harsono sebagai Uskup Keuskupan Purwokerto di Gereja Katedral Kristus Raja yang dilanjutkan dengan pesta rakyat "Kenduren Ageng Jumenengan Uskup Purwokerto".

Dalam pesta rakyat tersebut, akan disajikan pergelaran wayang kulit "gagrag" Banyumas dengan lakon "Mbangun Amarta" oleh dalang Ki Kukuh Bayu Aji di Paschalis Hall.

Mgr. Tri Harsono dipilih dan diangkat oleh Paus Fransiskus di Roma pada tanggal 14 Juli 2018 untuk menggantikan Mgr Julianus Sunarka S.J. yang telah mengundurkan diri karena usia pensiun pada akhir tahun 2016.

Matakatolik

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI