Latest News

Uskup Mandagi: Tak Hanya Umat Katolik, Umat Muslim dan Protestan Maluku Juga Kecewa



Matakatolik.Com - Uskup Keuskupan Ambonia Mgr Petrus C Mandagi mengatakan ketidakhadiran Presiden Joko Widodo di acara Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional Pertama di Kota Ambon pada Sabtu, 27 Oktober 2018 lalu, tidak saja membuat kecewa umat Katolik. Namun, umat beragama lain juga kecewa dengan ketidakhadiran Presiden Jokowi.

"Masih terus dipertanyakan bahwa ada rasa kecewa bahwa presiden tidak datang, bahkan rasa kecewa itu tidak hanya dirasakan umat katolik tapi datang dari umat muslim dan kristen protestan," ujar Uskup Mandagi di Kantor Keuskupan Ambonia, Selasa (30/10).

Namun, Uskup Mandagi tidak mempermasalahkan ketidakhadiran Jokowi, tetapi dia justru mengapresiasi atas sikap dari umat beragama lain yang kecewa dengan ketidakhadiran Jokowi.

Ia menilai, sikap tersebut menunjukkan kecintaan umat beragama lain kepada umat katolik.

"Bahkan saya bangga juga bahwa masyarakat muslim dan protestan kecewa dengan ketidakhadiran Presiden dan ini sebagai tanda bahwa umat muslim dan protestan begitu mencintai umat katolik," ungkap dia.

Dia minta masyarakat Malaku tidak menuntut kehadiran Presiden Jokowi di acara penutupan Pesparani. Pasalnya, tanpa kehadiran Presiden Jokowi, kata dia, pesta Pesparani ini sudah menjadi sebuah pesta rakyat, pesta  perjumpaan dan menciptakan sukacita.

“Itu yang saya lihat jangan-jangan dengan kehadiran presiden, tujuan dari Pesparani kegembiraan dan sukacita terhalangi karena pengemanan ketat, tentunya kalau presiden datang tentunya jalan sana-jalan sini ditutup padahal ada 14 ribu sampai 15 ribu orang di sini (Maluku) pasti membuat orang lebih sengsara,” tutur dia.

Berdasarkan informasi terakhir yang didapat Uskup Mandagi, Istana menjanjikan bahwa juara I, II dan III bersama 37 uskup seluruh Indonesia akan diterima Presiden Jokowi di Istana. Dia berharap janji tersebut tidak kembali menjadi dusta. "Intinya, tidak ada dusta di antara kita," pungkas dia.

Matakatolik - Justin Patris

G+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI