Headline News

Lucius Karus: Parlemen 2019 Masih Diisi Wajah Lama


Matakatolik.com-Anggota parlemen hasil pemilu serentak 2019 diprediksi bakal diisi wajah-wajah lama. Selain diuntungkan mendapat urutan pertama di nomor urut partai, pemilih juga akan cenderung memilih partai daripada calon legislatif (caleg) di pemilu 2019. Pemilu serentak pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) april 2019 mendatang membuat perhatian pemilih terkonsentrasi di pilpres daripada pileg.

Hal itu disampaikan pengamat senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesoia (Formapi) Lucius Karus dalam diskusi terbuka terkait “Wajah Baru Parlemen 2019,” di Pasar Baru Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

“Preferensi pemilih saat ini masih cenderung memilih partai daripada calegnya. Itulah yang memungkinkan caleg urut atas berpotensi dapat jatah lebih tinggi,” katanya.

Lucius juga mengatakan kecenderungan ini disebabkan kerumitan pemungutan suara pemilu 2019. Untuk pertama kalinya pemilih disodorkan lima surat suara sekaligus yaitu pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, DPD, serta Capres-Cawapres.

Diketahui, pileg 2019 akan direbut oleh 96 persen petahana DPR RI. Jika mengaca pada pileg 2014 lalu, caleg baru yang duduk di parlemen ada 318 orang (56,79 %). Sementara caleg petahana 242 orang (43.21 %).


Diskusi ini diselenggarakan oleh Vox Point Indonesia DPD DKI Jakarta untuk mensosialisasikan pileg yang gaungnya cenderung ditutup oleh pilpres.

“Padahal presiden yang berkualitas harus diawasi oleh legislatif yang juga kredibel dan kompetitif. Maka kita jangan hanya fokus pilih presiden yang berkualitas, tapi juga anggota parlemen yang mampu mengawasi kerja eksekutif,” tegas Norben Syukur, Ketua DPD Vox DKI Jakarta, dalam sambutan pembukanya.

Hadir juga sebagai pembicara Moderator Vox DKI Jakarta RP Peter Aman OFM, Direktur Indopolling Wempy Hadir, Caleg Golkar No Urut 1 Christina Aryani, dan Caleg Demokrat No Urut 2 Ardy Mbalembout.

Leksi Nantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published by Sahabat KRISTIANI