Headline News

Generasi Milineal Harus Ikut Sukseskan Pemilu 2019


Matakatolik.com-Umat Katolik dan generasi milineal khususnya harus terlibat aktif menyukseskan pemilu 2019. Baik Pilpres maupun Pileg.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Vox Point Indonesia Bekasi, Hubertus Manek, saat mengikuti Dialog Politik dan Kebangsaan yang bertajuk ‘Sikap Umat dan Generasi Milineal Katolik Dalam Memilih Cerdas Pada Pemilu2019’, di Aula Paroki Bekasi, Sabtu (2/3/2019).

Baca JugaPSI: Seruan Moral KWI Mencerahkan dan Layak Jadi Panduan

Manek mengatakan kegiatan ini bermaksud memberikan edukasi kepada umat Katolik khususunya generasi milineal agar berpartisipasi aktif di pemilu 2019.

“Untuk memberikan edukasi kepada pemilih pemula serta yang beranggap pemilu hanya untuk memilih  Presiden dan Wakil Presiden. Padahal pemilu ini juga memilih calon legislatif,” kata Hubert Manek.

Untuk itu, ia berharap acara yang dihadiri 400 orang ini memberi motivasi kepada umat dan generasi milineal untuk mengenal para caleg, mendukung dan memilih sesuai suara hati.

“Sehingga umat sadar betul penting sekali dengan pemilu tahun ini kita turut berkontribusi untuk mmeilih calon pemimpin untuk NKRI,” kata dia.

Baca Juga: Basaria Panjaitan: Jangan Pilih Caleg Mantan Napi Koruptor

Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama Seksi HAAK dan Panitia Paskah 2019 Gereja St. Arnoldus Janssen Paroki Bekasi. Hadir pada kesempatan ini para Koordinator Wilayah, OMK, WKRI, Vox Point Indonesia dan para pegiat sosial politik Se-Dekenat Bekasi.

Peneliti Senior Formappi, Lucius Karus, yang hadir sebagai narasumber meminta generasi milineal tidak alergi dengan politik.

Lucius berharap generasi milineal dapat menggunakan hak politik sesuai suara hati. Lucius juga meminta agar para generasi milineal dapat memilih secara cerdas yakni melihat latar belakang para Capres-Cawapres dan Caleg. 

“Diharapkan pemilih milineal menggunakan hak pilih bukan karena emosi dan mobilisasi. Juga bukan karena politik identitas tapi memperhitungkan latar belakang calon atau track record para calon,” tegas Lucius Karus.

Baca Juga: Gereja-gereja India dan Pakistan Mendesak Perdamaian di antara Negara Mereka

Sementara Pastor Moderator Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia, RD. Rofinus Neto Wuli, berharap agar generasi milineal tidak apatis dengan politik.


Ia mengatakan politik sangat penting untuk kemajuan bangsa. Untuk itu, ia meminta agar para generasi milineal ikut berpartisipasi memeilih calon pemimpin bangsa pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Generasi milineal jangan apatis, jangan golput. Mari sukseskan pesta demokrasi kita. Ikut mendukung dan memilih secara cerdas untuk memilih calon Presiden dan Calon Wakil Presiden juga Calon Legislatif,” kata Romo Rony panggilan akrab RD. Rofinus Neto Wuli.

Ia mengatakan para Caleg dan Capres-Cawapres adalah tokoh terbaik bangsa Indonesia. Untuk itu umat Katolik sebagai warga negara wajib memberikan dukungan dan memilih sesuai suara hati bukan karena faktor lain.

“Ingat, dua Capres-Cawapres adalah figur pemimpin bangsa terbaik yang dimiliki bangsa ini. Yang penting mereka setia pada 4 konsesnus bangsa yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” tegas Romo Rony.

Selain RD. Rofinus Neto Wuli dan Lucius Karus, hadir juga narasumber lain yakni Aktivis Kepemudaan dan Praktisi Politik Suci Mayangsari.

Ervan Tou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI