Headline News

Umat Katolik Parung Panjang Bogor Layani BUKBER Kaum Muslimin untuk Merajut Tali Kerukunan


Matakatolik.com-Umat Katolik Santo Laurensius Parung Panjang, Bogor Barat melayani kaum muslimin dalam acara buka puasa bersama (Bukber) di bulan suci ramadhan yang bertempat di Jalan Majapahit  Sabtu, 25 Mei 2019.

Acara ini dihadiri sekitar 200 kaum muslimin yang penuh antusias mengikuti acara Bukber yang diinisiatifi komunitas Katolik Parung Panjang ini.

Hadir pada kesempatan ini Muspika Parung Panjang di antaranya Kapolsek, Danramil, perwakilan camat, Ketua MUI, BPD, unsur Satpol PP, KNPI, Laskar Merah Putih, tokoh masyarakat,  dan masyarakat dari berbagai wilayah sekecamatan Parung Panjang.

Ketua Panitia Acara ini Frederikus Fios dalam sambutannya mengatakan Agama Katolik adalah agama yang damai dan bersikap solider dengan sahabat-sahabat kaum muslimin yang sedang melakukan ibadah puasa.

Untuk itu umat Katolik menunjukkan rasa empati dan kepedulian itu dalam bentuk menyediakan dan melayani makanan buka puasa bersama bagi rekan rekan muslimin.

"Semua ini kami lakukan untuk mendukung ibadah puasa rekan-rekan muslim. Semoga ini memperkuat persaudaraan, tali silahturahmi dan spirit persaudaraan kita. Kita saling mendukung untuk mengembangkan hal hal positif untuk kedamaian di tengah masyarakat", kata dosen character building Binus University ini.

Ketua MUI Parung Panjang, Haji Zainal Adnan dalam ceramahnya mengapresiasi teman-teman Katolik yang sudah berinisiatif melakukan acara BUKBER ini.

"Sungguh terasa suasana persaudaraan, kebijaksanaan, kehikmatan, toleransi dan persaudaraan serta tali silahturahmi di tempat ini. Kegiatan seperti ini merupakan yang pertama di Bumi Parung Panjang ini", kata Haji Adnan.

Kapolres Parung Panjang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan kerjasama keagamaan ini dan berharap semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut di masa masa yang akan datang.

Perwakilan warga masyarakat tempat acara dilakukan, Heriawan dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif Katolik dalam memprakarsai acara BUKBER ini.

Dirinya berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat kohesivitas sosial dan toleransi di Parung Panjang.

Sementara itu Tokoh Masyarakat Parung Panjang T.B. Ulle Sulaiman mengatakan kegiatan ini patut dipupuk, dipelihara dan dikembangkan terus ke depan demi kebaikan bersama semua elemen masyarakat di wilayah ini.

Sementara Ketua Rumah Anak Bumi (RAB) Ridwan Manantik yang juga bertindak selaku master of  ceremony (MC) dalam acara ini mengatakan di dalam acara BUKBER ini tampak keindahan Nusantara dan kekayaan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya dan golongan. Semoga kebersamaan ini terus berlanjut ke depan.

Yang menarik lagi tampil seorang anak muda generasi milenial bernama Bagus membawakan sebuah puisi yang memukau tentang indahnya toleransi.

Bukber ini juga sungguh luar biasa karena terjalin sinergi kerjasama berupa masak bersama antara ibu-ibu Muslim di Jalan Majapahit dengan ibu-ibu Katolik yang terjalin baik dan solid.

Semoga tali silahturahmi ini tidak putus sampai kapanpun selama nafas masih melekat pada raga kita.

Frederik Fios

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published by Sahabat KRISTIANI