Headline News

Golput Merupakan Kedaulatan Rakyat


Matakatolik.com-Pilihan golongan putih (golput) merupakan kedaulatan bagi setiap rakyat dengan prinsip bahwa demokrasi sepenuhnya diserahkan kepada rakyat melalui pemilu. Sebab, demokrasi sepenuhnya diserahkan kepada rakyat melalui pemilu.

Hal tersebut dikatakan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta Arif Maulana dalam konferensi pers di kantor LBH Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (23/01/2019).

Menurut Arif, Golput merupakan pilihan dan bentuk ekspresi protes rakyat.

Arif juga menjelaskan bahwa golput merupakan ekspresi protes atau penghukuman terhadap mekanisme penentuan paslon oleh partai politik, yang masih didominasi pertimbangan politik praktis dan mengesampingkan nilai-nilai integritas individu, rekam jejak, dan berpihak pada hak asasi manusia.

“Tapi yang paling penting adalah golput atau pilihan untuk tidak memilih adalah ekspresi politik, yang itu adalah bentuk kedaulatan rakyat,” terang Arif.

Selain itu Arif juga mengatakan, golput tidak memiliki dasar hukum untuk ditindak secara pidana, karena tidak ada undang-undang yang mengatur tentang hal tersebut.

“Lebih spesifik lagi dalam konstitusi kita, dalam Pasal 28 E Ayat 2 juga sama dinyatakan, bahwa hak setiap orang untuk menyatakan pikiran, sikap, atas sesuatu keyakinannya dan hati nuraninya itu dijamin dalam konstitusi kita. Ini adalah hak asasi,” pungkas Arif.

Matakatolik

1 komentar:

  1. Pemilu:Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat Vs Golongan Putih (Golput)

    BalasHapus

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI