Headline News

Suripto: Gereja Tidak Boleh Alergi Politik


Matakatolik.com-Politik adalah panggilan mulia. Politik mengantar orang pada kebaikan bersama (bonum commune).

Karena itu, Caleg DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Suripto mengatakan masyarakat  dan umat  gereja khususnya tidak boleh alergi dengan politik.

"Politik ini mulia. Gereja (umat) mesti berpartisipasi aktif di dalamnya. Jangan alergi dengan politik. Melalui politik justru kita sebagai umat gereja dipanggil untuk aktif dalam menyelesaikan persoalan sosial yang yang terjadi di masyarakat," kata Caleg DPR RI dari Dapil Jakarta 2 yang meliputi, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri ini.


Suripto menambahkan lewat politik,  gereja mesti peka terhadap isu-isu dalam masyarakat, dan tidak menjadi kelompok umat beragama yang eksklusif. Namun dengan kesadaran yang tinggi membangun ruang komunokasi dengan umat lain.

"Lewat politik gereja mesti menampakan wajah kepeduliannya, wajah persaudaraannya. Mau membuka diri dengan pihak lain dan merangkul saudara beda iman. Dengannya gereja menjadi sarana untuk memwujudkan kebaikan bersama," jelas Suripto, kepada Matakatolik.com, Rabu, 27/2/2019.

Keberadaan gereja di tengah bangsa lanjut Suripto memiliki tanggung-jawab untuk menyuarakan kebenaran dan melawan budaya korupsi, budaya intoleransi dan  ketimpangan-ketimpangan sosial lainnya.

"Gereja harus menjadi solusi bagi setiap masalah dan ketimpangan yang terjadi  di tengah masyarakat," tutup Suripto.

Nort

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Sahabat KRISTIANI