Headline News

Merawat Bumi dari Gereja dan Desa


Matakatolik.com-Langit Mendung, padahal hari masih pagi. Cuaca yang tidak mendukung itu tidak menyurut semangat  team Seksi Lingkungan Hidup Paroki Santo Yakobus Kelapa Gading mengadakan acara sosialisasi komposter dan peduli sampah bertempat di Lapangan RT 008/RW 010,Jl.Sentosa Barat, Sabtu 02/03. Acara yang bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional [HPSN] 2019 ini bertajuk Kita Peduli Sampah.

Dalam mensukseskan kegiatan ini. Seksi Lingkungan Hidup Paroki Santo Yakobus Kelapa Gading bekerjasama dengan Warga Kampung Proklim RW 010 Kodamar Kelapa Gading. Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dkembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

Melalui pelaksanaan ProKlim, Pemerintah memberikan penghargaan terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan. Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 19/2012 tentang Program Kampung Iklim.

Acara dimulai dengan senam bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak semua Warga 010 Kodamar Kelapa Gading lebih memperhatikan sampah terutama sampah rumah tagga yang sebagian besar adalah sampah komposter.


Dalam kesempatan tersebut warga diajak untuk tidak membuang sampah Komposter karena akan dimanfaatkan untuk menjadi pupuk. Sedangkan sampah plastik, besi dan lainnya dapat disimpan di Bank Sampah yang kemudian akan dijual.

Selain itu warga diajak agar aktif mengelolah sampah untuk mencapai target bebas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di tahun 2022. Ini merupakan upaya desa bebas sampah.

Targetnya adalah membentuk prilaku positif masyarakt terhadap sampah. Dengan demikian di masa mendatang  aka tercipta llingkungan bersih dan hijau,hidup sehat dan bugar. Ini juga membantu hubungan antar masyarakat menjadi akrab,belanja,dapur berkurang,hidup semakin beriman,pendidikan semakin kreatif dan inovatif.

Di akhir kegiatan team Seksi Lingkungan Hidup Paroki Kelapa Gading memberikan souvenir berupa tanaman kepada Warga RT 008/RW 010 Kodamar.  Pemberian tanaman ini sebagai simbol yang kuat untuk membangun komitmen menjaga lingkungan hidup.

Susan Sandy
Kontributor Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published by Sahabat KRISTIANI