Headline News

Bak Baptis Kuno Ditemukan Arkeolog di Gereja Kelahiran Yesus


Matakatolik.com-Para arkeolog menemukan bak baptis kuno yang bersembunyi di dalam bak baptis lain disebuah Gereja tua. Gereja tua yang terletak di kota Betlehem merupakan situs warisan dunia yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus.
Penemuaan ini, diumumkan dalam sebuah konferensi awal pekan ini oleh  Ziad al-Bandak, kepala komite yang bertugas memperbaiki gereja Bethlehem. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa telah ditemukan sebuah bak pembaptisan (baskom yang diisi air untuk ritual pembaptisan) dari abad ke-6 sampai ke-7 M yang tersembunyi di wadah baptisan lebih tua.
Ziad al-Bandak menjelaskan wadah baptisan yang baru ditemukan ini terbuat dari jenis batu yang sama dengan ruangan gereja. Ini berarti, umur wadah baptisan baru sama tuanya dengan umur gereja yang berasal dari abad ke-4 M.
Dilansir dari  Live Science, Jumat, 28/6/2019, al-Bandak telah mengungdang pihak Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina untuk mempelajari wadah baptis tersebut agar mendapat pemahaman lebih tentang sejarah gereja.
Gereja Kelahiran Yesus direnovasi sejak 2013 dan selama proyek ini berlangsung petugas telah menemukan beberapa hal menarik, termasuk mosaik malaikat Bizantium yang ditemukan ilmuwan Italia pada 2016. Gereja yang sudah ada sejak 326 M itu awalnya berupa gua yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus pada abad ke-2 M. Selama renovasi berlangsung, gereja ini tetap dibuka bagi para peziarah dan wisatawan dari seluruh dunia.

Matakatolik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published by Sahabat KRISTIANI