Headline News

Caleg Katolik Harus Miliki 3 M


Ketua Umum DPN Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati/Foto: Matakatolik

Matakatolik.Com - Calon Legislatif Katolik harus memiliki 3 modal dalam pileg 2019 mendatang.

"Sebagai caleg Katolik, Anda harus punya 3 modal yakni ideologi, sosial dan finansial," kata Ketua Umum DPN Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati, saat memberikan pembekalan kepada Caleg Katolik Jawa Barat, di Auditorium Pusat Pastoral Keuskupan Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/12/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Vox Point Indonesia Jawa Barat. Hadir pada kesempatan ini 35 caleg Katolik yang berasal dari berbagai partai politik.

Ia berharap agar caleg Katolik harus memiliki modal tersebut. Sebab, kata dia, tanpa memiliki modal itu caleg Katolik hanya jadi penggembira saja.

"Ideologi adalah modal prinsip perjuangan Anda. Kemudian kalau Anda tak punya modal sosial Anda tak dikenal oleh masyarakat. Dan, finansial adalah modal yang tak bisa dihindarkan  dalam politik," ujar dia.

Selain modal tersebut, ia mengatakan caleg Katolik juga harus mengetahui karakteristik dan budaya masyarakat di dapil.

Handojo juga mendorong agar para pengurus DPD dan DPW Vox Point Indonesia bekerja sama dengan Komisi Kerawam di Keuskupan dan Paroki.

"Kenalkan para caleg Katolik ke paroki, sehingga umat Katolik tahu. Sebab, jika umat Katolik tidak tahu bagaimana dengan umat berkeyakinan lain," tegas dia.

Untuk itu, ia mengharapkan para caleg ikut berinisiatif membangun komunikasi dan relasi yang baik di setiap Paroki se-Indonesia.

Cara ini, kata dia, juga untuk mengedukasi umat Katolik dalam menentukan pilihan politik.

Salah satu hal yang ditekankan oleh Handojo agar para umat Katolik bisa menggunakan hak suara dengan baik.

Para umat Katolik diharapkan untuk berperan aktif dalam menyukseskan pileg dan pilpres 2019 mendatang.

"Umat Katolik jangan sampai berlibur saat hari pemungutan suara. Tapi, kita harus menjadi orang pertama yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Handojo.

Selain Handojo, hadir pula narasumber mantan Komisioner KPU Jawa Tengah Andreas Pandiangan dan Staf Ahli DPR RI Fraksi PDI - Perjuangan Ansel Alaman yang adalah (Pjs) Sekjen Vox Point Indonesia.

Ervan Tou

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 MATA KATOLIK Designed by Templateism.com and Supported by PANDE

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published by Sahabat KRISTIANI